BMC Business Application Information Technology 26 November 2019

Digital Workspace: Digitalisasi Service Catalog untuk meningkatkan Efisiensi Perusahaan

20191125_Newsletter Digital Workspace

Era digitalisasi menuntut perusahaan untuk terus berinovasi termasuk dalam perekrutan dan mengelola karyawan. Service catalog yang digunakan di internal perusahaan merupakan salah satu sistem yang internal yang dapat dioptimalkan untuk menarik minat dan memotivasi karyawan.

 

Optimalisasi service catalog dapat dilakukan dengan pendekatan people-centric, dimana dalam mengakses aplikasi, pengguna diberikan kemudahan dan interface yang nyaman. Kemudahan akses informasi yang mendukung operasional membuat perusahaan semakin agile dan produktif.

 

Transformasi digital terbukti berhasil memberikan dampak besar, merebut market, dan membangun bisnis miliaran dolar dengan menawarkan cara baru yang lebih cepat, lebih nyaman, dan lebih produktif dalam menyelesaikan sesuatu. Dinamika yang sama juga berlaku di tempat kerja. Inovasi yang terus menerus membuka peluang baru untuk karyawan dan bisnis. IT memungkinkan seamless digital experiences untuk membantu mengoptimalkan kinerja perusahaan.

 

93% milenial yang merupakan digital native mengatakan teknologi modern dan up-to-date merupakan salah satu aspek penting dalam memilih tempat kerja. Perusahaan yang tertinggal dalam mengembangkan employee experience akan beresiko kehilangan kandidat yang berperan mendorong kesuksesan perusahaan.

  

Strategi dan prinsip desain untuk membuat seamless digital experiences

 

Sebelum memulai menyusun strategi dan prinsip desain, berikut ini adalah pertanyaan yang perlu dipertimbangkan:

  • Apakah perusahaan sudah menggunakan sistem yang mengintegrasikan berbagai aplikasi dan memiliki user interface yang nyaman
  • Pendekatan “people-centric” seperti apa yang ingin diterapkan, apa saja proses enforcement dan governance yang mau dipertahankan
  • Apakah pekerjaan yang memakan waktu sudah diotomasi
  • Apakah sumber daya untuk membantu orang dan sistem sudah dikelola dengan optimal

 

Service catalog merupakan salah satu elemen penting untuk pendekatan people-centric. Transformasi service catalog dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, merampingkan pengelolaan layanan, dan meningkatkan kesempatan untuk otomasi self-service. Pada level strategis, service catalog adalah kunci penting transisi penyedia service ke bisnis karena memungkinkan perubahan model ITSM top-down tradisional menjadi people-centric. Konsolidasi service catalog menyederhanakan penggunaan, merepresentasikan layanan internal, dan menawarkan pilihan pihak ketiga dengan interface yang sama.

 

Prinsip desain people-centric yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Membuat framework yang dapat diperluas sesuai services
  • Fokus pada layanan yang memiliki volume dan frekuensi tinggi
  • Meningkatkan kejelasan dan konsistensi pada berbagai platform
  • Menghindari duplikasi usaha dan investasi dengan berbagai cara
  • Mengeliminasi proses back-and-forth antara requestor, approver, dan fulfiller

 

Pengalaman user experience yang dapat ditingkatkan, antara lain:

  • Mengurangi klik dalam form submission
  • Menyediakan pengalaman lebih baik pada device dengan ukuran kecil
  • Menggunakan kemampuan quick-search untuk mengurangi menu drop-down yang panjang
  • Meningkatkan transparansi proses approval
  • Meng-highlight nilai tambahan seperti rating dan shopping cart yang persisten

 

 Digital workspace penting bagi kinerja bisnis dan pengembangan karyawan. Service catalog yang modern dan memberikan seamless digital experiences untuk mengakses service internal, membantu perusahaan untuk menarik talenta baru dan mengembangkan karyawan sesuai kebutuhan bisnis.

  

PT. Mitra Integrasi Informatika Berkolaborasi dengan BMC Software

 

 

Disadur dan diperbarui dari:

  • BMC Software, Inc. (2018). Best practices to deliver a service catalog employees love: Develop the right strategy and design principles to enable your digital enterprise. Retrieved November 25, 2019, from http://www.bmc.com: http://documents.bmc.com/products/documents/67/02/506702/506702.pdf?elqTrackId=02c6c45c6b2b4f8399766ee9e044f4e3&elq=72c7d8fefab340b6bed5108117eb2ea6&elqaid=5659&elqat=1&elqCampaignId=6365

Recent Article

20191125_Newsletter Digital Workspace
26 Nov 2019

Digital Workspace: Digitalisasi Service Catalog untuk meningkatkan Efisiensi Perusahaan

Era digitalisasi menuntut perusahaan untuk terus berinovasi termasuk dalam perekrutan dan mengelola karyawan. Service catalog yang digunakan di internal perusahaan merupakan salah satu sistem yang internal yang dapat dioptimalkan untuk menarik minat dan memotivasi karyawan.

Read More