Information Technology Salesforce Digital Business Platform 08 January 2020

4 Langkah untuk Memenangkan Pelanggan di Era Baru Penjualan

20200115_Salesforce

Sales merupakan ujung tombak perusahaan dalam menjalankan bisnis. Pada laporan penjualan 2018 - 2019 yang dirilis CSO Insights, 66% perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan mendapat customer baru, serta melakukan upsell dan cross-sell.

 

Sebagian besar tim sales menghadapi tiga tantangan besar, yaitu:

  1. Tekanan bisnis menuntut sales untuk mendapatkan lead sebanyak-banyaknya.
  2. Besarnya tantangan untuk membangun koneksi yang baik dengan pelanggan baru dan memelihara hubungan dengan pelanggan lama.
  3. Membangun pengalaman belanja pelanggan yang baik membutuhkan dukungan marketing, finance, dan tim lainnya.

 

Berikut ini beberapa tahapan yang membantu proses penjualan:

 

Langkah 1: Dapatkan pelanggan baru dengan meningkatkan pelayanan

Hubungan dekat dengan pelanggan akan meningkatkan kesuksesan penjualan. Kepercayaan pelanggan didapatkan dengan menjalin hubungan yang baik disemua tahap penjualan. Berikut ini beberapa saran untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan:

  • Gunakan automation untuk membantu sales memfollow up marketing lead dengan tepat waktu.
  • Kombinasikan sales dan marketing untuk membangun percakapan sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Optimalisasikan proses quotation dengan mengurangi delay dan kesalahan penulisan.

 

Langkah 2: Dukung rekan bisnis untuk menjadi penasihat terpercaya

Jika penjualan dilakukan melalui channel partner, partner akan menjadi wajah brand dan menentukan kepuasan pelanggan. Berinvestasi dan memperlakukan partner seperti tim internal berpotensi menaikkan penjualan. Berikut ini beberapa saran untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan:

  • Gunakan AI untuk menganalisa teritori geografis dan partner yang berpotensi memenangkan lead.
  • Berikan partner informasi yang dibutuhkan sehingga kebutuhan pembeli dapat dipahami lebih baik.
  • Automasikan sebanyak mungkin process quotation sehingga partner dapat merespon dengan cepat dan konsisten.

 

Langkah 3: Membangun hubungan untuk mempertahankan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru

Mempertahankan pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Berikut ini adalah beberapa saran untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan:

  • Gunakan AI untuk mengingatkan tim sales ketika terjadi perubahan dengan pelanggan.
  • Gunakan komunikasi yang diotomasi untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, misalnya mengingatkan tanggal renewal.
  • Bekerjasama dengan berbagai department untuk membangun proses renewal yang sederhana dan terkonsolidasi.

 

Langkah 4: Perluas hubungan dengan pelanggan melalui cross-sell dan upsell

Pada Juni 2019, Salesforce melakukan riset dan menemukan 89% pelanggan setia pada perusahaan yang sudah dipercaya. Ketika mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka akan lebih mudah untuk melakukan cross-sell dan upsell. Berikut ini beberapa saran untuk melakukan cross-sell dan upsell:

  • Berkolaborasi dengan tim spesialis internal dan tim sales.
  • Koneksikan semua data pelanggan yang dapat memberikan gambaran mengenai tujuan dan kebutuhan pelanggan.
  • Gunakan pre-set logic dalam proses quotation sehingga memungkinkan sales untuk mengetahui alternatif produk yang masih cocok dengan budget pelanggan.

 

Pengalaman pelanggan yang personal membuat hidup pelanggan dan tim sales lebih mudah. Kunci utama personalisasi pengalaman pelanggan adalah menggunakan teknologi yang tepat untuk menganalisa kebutuhan pelanggan.

 

 

PT. Mitra Integrasi Informatika Berkolaborasi dengan Salesforce

 

Disadur dan diperbarui dari:

 

Recent Article

20200115_Salesforce
08 Jan 2020

4 Langkah untuk Memenangkan Pelanggan di Era Baru Penjualan

Sales merupakan ujung tombak perusahaan dalam menjalankan bisnis. Pada laporan penjualan 2018 - 2019 yang dirilis CSO Insights, 66% perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan mendapat customer baru, serta melakukan upsell dan cross-sell.

Read More