Digital Business Platform Enterprise 25 April 2019

3Dolphins Membantu Transformasi Pengalaman Pelanggan Melalui Solusi Conversational Services

MII-3Dolphins

JAKARTA, 24 April 2019 – 3Dolphins, solusi chatbot dan social CRM terintegrasi kelas enterprise, mengumumkan kemampuan baru yang bertujuan membantu transformasi pengalaman pelanggan melalui conversational services. Bersamaan dengan ini, PT Mitra Integrasi Informatika (MII)—salah satu entitas Metrodata Group yang fokus dibidang Solusi TIK meluncurkan chatbot SAMI (Sahabat MII) yang berbasiskan solusi 3Dolphins untuk meningkatkan pengalaman dalam melayani para pelanggan.

SAMI adalah singkatan dari Sahabat MII dengan profil robot, energik, berwawasan luas, dan sigap membantu Sahabat MII 24x7. SAMI merupakan persona bot yang dibuat oleh MII untuk memberikan pengalaman yang berbeda dan lebih baik kepada pelanggan MII. Melalui SAMI, MII menjawab tren komunikasi dari pelanggan yang lebih menyukai instant messaging (chatting) karena bersifat lebih personal. SAMI memiliki platform teknologi Artificial Inteligence yang memampukan menjawab pertanyaan dari pelanggan senatural mungkin selayaknya melakukan chat dengan manusia. SAMI memberikan informasi kepada pelanggan MII berupa infomasi produk/solusi, kegiatan dan promo, permohonan dan pengaduan.

Rian Novianto, Business Development Director dan Co-Founder dari PT InMotion Inovasi Teknologi, menjelaskan conversational services adalah metode menghantarkan layanan bisnis kepada pelanggan layaknya sebuah percakapan melalui penerapan Artificial Intelligence (AI) pada chatbot.

“Melalui kemampuan conversational services ini, peran chatbot tidak hanya sekedar menjawab pertanyaan atau menangani masalah yang dsampaikan pelanggan, seperti dalam customer support. Lebih jauh dari itu, chatbot berperan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Ujungnya, perusahaan dapat memberikan customer experience yang lebih baik bagi pelanggannya,” paparnya.

Rian mengatakan 3Dolphins mengembangkan kemampuan conversational services dalam solusi chatbot-nya ini berdasarkan kebutuhan unik di masing-masing industri. Hal ini karena setiap industri memiliki proses bisnis, praktik terbaik, alur kerja dan basis pengetahuan yang berbeda-beda.

Herryanti Herman, Direktur PT Mitra Integrasi Informatika mengatakan bahwa “Saat ini perilaku generasi milenial membutuhkan media yang instan untuk membantu aktifitas mereka  sehari-hari sehingga berdampak pada perubahan perilaku salah satunya memerlukan informasi cepat dan akurat. Dibandingkan dengan media telepon, maka generasi milenial lebih memilih chatting sebagai channel interaksi. Didukung dengan salah satu pilar Metrodata yaitu digital business platform, MII mengembangkan teknologi robot Artificial Intelligence yang ditujukan untuk berkomunikasi langsung dengan Sahabat MII melalui situs www.mii.co.id dan LINE (@mii_metrodata). Diharapkan pendekatan ini dapat diterima dengan baik dan semakin memudahkan interaksi dan komunikasi antara MII dan Sahabat MII. Selain menjual, mengimplementasikan, dan menggunakan solusi tersebut, kami akan menawarkan solusi 3Dolphins kepada pelanggan kami.”

Hari ini 3Dolphins bersama dengan MII mendemonstrasikan bagaimana conversational services bekerja melalui seminar teknologi bertema “Mentransformasikan Pengalaman Pelanggan melalui Conversational Services.”

Seminar teknologi ini membahas pentingnya Conversational Services di era serba digital saat ini. Para peserta seminar ini adalah para decision maker bidang Teknologi Informasi (TI) yang berasal dari industri layanan keuangan, pendidikan, telekomunikasi, properti, transportasi, kesehatan, teknologi.

Recent Article

MII-3Dolphins
25 Apr 2019

3Dolphins Membantu Transformasi Pengalaman Pelanggan Melalui Solusi Conversational Services

3Dolphins, solusi chatbot dan social CRM terintegrasi kelas enterprise, mengumumkan kemampuan baru yang bertujuan membantu transformasi pengalaman pelanggan melalui conversational services.

Read More