BI Fast adalah Infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional baru yang digagas Bank Indonesia, menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). Fasilitas pembayaran ritel ini bersifat real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat (24/7). Cepat, Murah, Mudah, Aman, dan Andal (CEMUMUAH).
BI Fast merupakan upaya Bank Indonesia untuk mengkonsolidasi industri dengan integrasi Ekonomi & Keuangan Digital (EKD), percepatan digitalisasi ekonomi & infrastruktur fast payment, mengantisipasi transaksi digital & transaksi cross border, menciptakan ekosistem yang integrated, interoperable, dan interconnected (3i).
Tahap awal, fokus pada layanan transfer kredit individual dan bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment.
Telah bergabung di Batch 1 (Desember 2021) 22 bank, Batch 2 (Januari 2022) 22 bank dan akan terus menjangkau bank lainnya. Bank yang telah memberikan layanan BII Fast antara lain: Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia.
MII telah mengembangkan solusi KOMI (Konverter BI Fast System) untuk menjawab kebutuhan implementasi BI Fast di perbankan dan institusi keuangan lainnya. KOMI merupakan converter untuk menghubungkan BI Fast Connector dengan Core Banking, Channel (ATM, Teller, Internet Banking, Mobile Banking) dengan menggunakan messaging ISO 20022. KOMI juga mampu melakukan konversi dari messaging ISO 20022 ke REST/SOAP, serta mendukung interface ke Core Banking dengan menggunakan messaging ISO 8583.
Informasi fasilitas layanan MII Konverter BI Fast System (KOMI) dapat diperoleh melalui:
Customer Experience MII, customer.experience@mii.co.id, 021 29345 777 Ext.3330
#mii #metrodata
#bifast #komi
#digitalsolutionprovider