Application Developer Big Data Business Application Business Intelligence Digital Workspace Digital Business Platform 03 February 2019

Chatbot

Chatbot_Feb2019

Chatbot merupakan aplikasi yang didesain untuk menyederhanakan interaksi antara manusia dan komputer. Chatbot didesain untuk membantu manusia mengerjakan pekerjaan yang berulang dan melayani konsumen Anda dengan lebih baik. Mari berdiskusi mengenai Chatbot.

Apakah definisi Chatbot?

Chatbot adalah program yang dibuat untuk menerima pesan dan merespon dengan pola yang sama. Chatbot dapat diprogram untuk menjawab pertanyaan yang terstruktur atau berdasarkan kata kunci tertentu. Media yang dapat menggunakan chatbot untuk membalas pesan antara lain SMS, website, dan social media.

Chatbot mulai digunakan dalam bisnis untuk melayani konsumen. Riset yang dilakukan Facebook menunjukan nilai chatbot untuk bisnis, antara lain

  • Per bulan, ada 2 juta pesan dikirim antara bisnis dan perseroangan
  • 56% konsumen lebih memilih untuk mengirim pesan dibandingkan menelpon customer service
  • 53% minat belanja konsumen meningkat ketika konsumen bisa pengirim pesan ke penjual
Chatbot_graph_Feb2019

Pada tanggal 30 Oktober sampai 6 November 2017, Drift melakukan survey pada 1000 responden pengguna SurveyMonkey di Amerika Serikat, dengan rentang usia 18-64 tahun mengenai penggunaan Chatbot. Hasil survey menunjukkan reponden berharap Chatbot dapat

  • Merespon pertanyaan dengan cepat
  • Memberikan solusi atas pertanyaan atau masalah
  • Memberikan jawaban yang lebih detail
  • Memudahkan untuk menjangkau agen customer service

Apakah Manfaat Chatbot untuk Bisnis?

Salah satu cara agar bisnis tetap kompetitif adalah mengotomasi sebanyak mungkin proses bisnis yang ada. Chatbot dapat membantu untuk mengotomasi proses komunikasi dengan konsumen. Manfaat yang didapat dari menggunakan Chatbot antara lain:

  • Menghemat waktu dan uang
    Chatbot dapat membantu menjawab pertanyaan yang rutin dan umum, sehingga permintaan yang masuk ke customer service lebih sedikit dan lebih detail. Chatbot dapat menambah jumlah permintaan konsumen yang dilayani.
  • Menghasilkan lead dan pendapatan
    Chatbot dapat membantu mengumpulkan informasi awal dan mengkualifikasi peluang bisnis sehingga support dapat berjalan lebih efektif.
  • Memandu pengguna untuk mendapatkan hasil yang lebih baik
    Kebutuhan konsumen akan lebih terarah dengan pertanyaan kualifikasi dari Chatbot.
  • Menyediakan layanan diluar jam kerja
    Chatbot dapat beroperasi 24 jam sehingga memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi diluar jam kerja.
  • Menjalin relasi dengan konsumen dengan cara yang unik
    Secara tradisional, pertanyaan konsumen akan diarahkan melalui email dan telepon. Chatbot menawarkan cara komunikasi baru, menyenangkan, dan interaktif.

PT Mitra Integrasi Informatika Berkolaborasi bersama 3Dolphin Chatbot

 

Disadur dan diperbarui dari:
- https://sproutsocial.com/insights/topics/chatbots/
- https://www.drift.com/blog/chatbots-report/

Recent Article

Chatbot_Feb2019
03 Feb 2019

Chatbot

Chatbot merupakan aplikasi yang didesain untuk menyederhanakan interaksi antara manusia dan komputer. Chatbot didesain untuk membantu manusia mengerjakan pekerjaan yang berulang dan melayani konsumen Anda dengan lebih baik.

Read More