Business Intelligence Digital Business Platform Digital Workspace Information Technology 04 March 2019

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Internet of Things dan Augmented Reality

4 Maret 2019_Newsletter IoT_2

Setelah sebelumnya trend IOT di sektor retail selalu bergelut dengan data dan analisa pelanggan, saat ini trend mulai berkembang ke arah teknik pemasaran yang bersifat interaktif. Interaktif marketing menjembatani pengalaman belanja konvensional dan online dengan menyediakan tampilan yang menarik, serta penerapan teknologi untuk memudahkan konsumen memilih produk.

Penetrasi teknologi di market masih memerlukan waktu karena kompleksitas teknikal dan spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan teknologi IoT dan Augmented Reality (AR). Saat ini, sudah ada beberapa aplikasi AR yang digunakan secara komersial. Misalnya, IKEA memiliki aplikasi mobile AR yang memungkinkan konsumen membayangkan bagaimana kecocokan perabotan yang akan dibeli jika diletakkan di rumah mereka. New York Metro juga memiliki aplikasi mobile AR yang dapat membantu mencari lokasi stasiun terdekat.

Teknologi AR juga mulai digunakan untuk memudahkan mencari lokasi toko dan merek favorit konsumen di pusat perbelanjaan. Di department store, teknologi AR dapat membantu konsumen untuk memilih pakaian dengan berbagai warna tanpa mencoba langsung. Di taman hiburan, AR bisa membantu untuk mencari lokasi wahana yang diinginkan dan menginfokan panjang antrian wahana tersebut. Iklan berbasis permainan juga memberikan pengalaman baru bagi konsumen, dimana konsumen diajak untuk mencari “harta karun digital” berupa voucher atau manfaat lainnya.

 

Aplikasi IoT di Dunia Retail

 

Optimalisasi Layout Toko

Ada kemungkinan layout toko saat ini belum optimal sesuai kebiasaan belanja konsumen dan popularitas produk. Software aisle-analytics menggunakan sensor infrared dan teknologi IoT untuk membantu mengoptimalkan layout toko sehingga memudahkan konsumen ketika berbelanja dan meningkatkan penjualan. Misalnya, banyak konsumen kesulitan mencari lokasi TV karena TV diletakkan di belakang DVD Player. Teknologi IoT memungkinkan toko untuk dapat lebih memahami produk yang disukai konsumen dan memberikan rekomendasi supaya lokasi TV dipindahkan ke bagian yang lebih mudah dijangkau oleh konsumen.

Karyawan Robot

Mempercayakan robot sebagai customer service bisa jadi cukup mengkhawatirkan, tetapi ini merupakan kesempatan yang baik untuk mengurangi pekerjaan berulang sehingga karyawan dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih efektif.

Mengoptimalkan Manajemen Supply Chain

Toko retail yang rapi memungkinkan kemudahan pencarian produk tanpa menggunakan IoT, tetapi informasi pencarian masih terbatas. Teknologi sensor RFID dan GPS, memungkinkan untuk mendapatkan data yang lebih akurat seperti temperatur penyimpanan barang dan berapa lama barang disimpan di tempat penyimpanan. Data yang didapat dari sensor memungkinkan peningkatan kualitas transportasi & penyimpanan barang, dengan memudahkan petugas untuk mengetahui lokasi barang dan memastikan barang disimpan di temperatur yang tepat.

Berdasarkan riset TATA Consultancy Survey and Business Insider*, perusahaan manufaktur yang menggunakan solusi IoT di tahun 2014 mengalami peningkatan revenue rata-rata 28,5% dari tahun sebelumnya. Jika proses pengadaan barang cukup panjang, teknologi IoT memungkinkan kita untuk mengetahui lokasi dan kondisi produk sehingga proses pengadaan berjalan lebih efisien dan lebih cepat sampai di konsumen.

 

PT Mitra Integrasi Informatika berkolaborasi bersama INTEL

Recent Article

4 Maret 2019_Newsletter IoT_2
04 Mar 2019

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan Internet of Things dan Augmented Reality

Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan teknik pemasaran interaktif Internet of Things (IoT) dan Augmented Reality (AR). Interaktif marketing menjembatani pengalaman belanja konvensional dan online dengan menyediakan tampilan yang menarik, serta penerapan teknologi untuk memudahkan konsumen memilih produk.

Read More