Business Application Information Technology 27 February 2020

Efisiensi Proses Klaim Asuransi dengan Robotic Process Automation

20200226_Newsletter UiPath 11 Maret 2020

Pada survei CEO pada industri asuransi yang dilakukan oleh PwC, 70% CEO menginginkan efisiensi operasional untuk mendorong pertumbuhan perusahaan. Proses klaim asuransi melibatkan beberapa sistem dan integrasi sistem ini merupakan salah satu tantangan utama pada industri asuransi.

 

Proses otomasi klaim merupakan proses bisnis yang penting walaupun tidak berdampak secara langsung ke profit perusahaan. Bayangkan, jika kita dapat mengefisiensikan proses klaim sebanyak 5%, efisiensi ini akan membantu karyawan untuk menangani lebih banyak klaim. Dampak lainnya, memungkinkan customer experience yang lebih baik, kapasitas lebih untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan retensi, dan memberikan pandangan baru. Pandangan baru ini akan membantu menghemat biaya, seperti pencegahan dan mitigasi kehilangan.

 

Proses klaim yang seamless mengurangi biaya operasional, mengurangi waktu klaim, dan meningkatkan kepuasan konsumen. Efisiensi proses diperoleh dengan memberikan informasi yang tepat ke orang yang tepat pada waktu yang tepat.

 

Hal ini membantu pengambilan keputusan yang cepat dan terbaik. Banyak proses yang dieliminasi sehingga lebih menghemat waktu. Karyawan lebih mudah untuk mendapatkan data konsumen dan detail polis, sehingga bisa lebih fokus ke pelayanan konsumen.

 

Sebagian besar penyedia asuransi menggunakan beberapa sistem untuk mendapatkan data konsumen. RPA membantu proses otomasi menarik dan memasukkan data dari satu sistem ke sistem lainnya sesuai kebutuhan sehingga menghasilkan single view yang terkoneksi.

 

Berikut ini tahapan ketika mengimplementasikan RPA. Pertama, buat alur proses klaim end-to-end. Kemudian tentukan tahapan dimana user dibutuhkan untuk mengambil keputusan penting, memeriksa keputusan robot, dan mengevaluasi proses. Selanjutnya, berikut ini 3 skenario umum untuk proses klaim:

 

1. Integrated Single-Customer View

Hubungkan beberapa sumber data dari sistem dengan cepat dan efisien sehingga menghasilkan single customer view. Salah satu solusi yang dapat dibuat adalah membuat user interface untuk agen contact center dan tim yang menghandle klaim. User interface ini akan menggabungkan informasi klaim, polis, Customer Relationship Management (CRM), sanksi, komplain, polis, rekam jejak komunikasi dengan konsumen, dll.

 

2. Membuka Potensi Unstructured Data, serta Implementasi Machine Learning dan Artificial Intelligent

Optimalisasi akses dan penggunaan unstructured data untuk mengurangi duplikasi data, mendapatkan ide baru, dan mengambil keputusan yang lebih baik. Salah satu solusi yang dapat dibuat adalah mengotomasi email dan menggunakan OCR untuk mengekstrak dokumen fisik.

 

 

3. Predictive Analysis pada Klaim untuk Mencegah Fraud

Predictive Analysis digunakan untuk menganalisa klaim dan memastikan validitas klaim. Salah satu solusi yang dapat dibuat adalah mengumpulkan data klaim, polis, rekam jejak konsumen, dan memberikan nilai sesuai tingkat validitas klaim.

 

Sebagai rangkuman, pendekatan implementasi RPA pada industri asuransi adalah

  • memulai dari proses klaim
  • menggunakan RPA untuk menghubungkan dan mengintegrasikan proses bisnis sehingga menghasilkan single customer view
  • membangun proses end-to-end dan menghilangkan silos
  • membangun tim untuk mengumpulkan data yang tepat

 

 

PT Metrodata Electronics, Tbk Berkolaborasi dengan UiPath

 

 

Disadur dan diperbarui dari:

 

Recent Article

20200226_Newsletter UiPath 11 Maret 2020
27 Feb 2020

Efisiensi Proses Klaim Asuransi dengan Robotic Process Automation

Pada survei CEO pada industri asuransi yang dilakukan oleh PwC, 70% CEO menginginkan efisiensi operasional untuk mendorong pertumbuhan perusahaan.

Read More