Data-Driven Operating Model (DDOM) merupakan pendekatan berbasis data untuk memahami minat konsumen dan mengambil inisiatif marketing. Pendekatan ini dilakukan dengan membuat KPI yang fokus pada user journey dan penilaian interaksi konsumen sesuai KPI. Selanjutnya, nilai KPI ini akan digunakan untuk menganalisa minat dan personalisasi campaign marketing yang diterima konsumen.
Berikut ini adalah best practice untuk optimalisasi Integrasi data dan transformasi DDOM:
Data biasanya tersebar di seluruh perusahaan, silo diantar department, dan jumlahnya besar. Pendekatan top-down, bottom-up membantu untuk mengkonsolidasi data. Mulai dari “top”, bisnis akan melihat customer journey stages dan menentukan kebutuhan konsumen serta KPI yang sesuai. Selanjutnya, tim IT akan mengintegrasikan dan mengidentifikasi data assets yang dimiliki perusahaan, melakukan mapping data assets, dan menghasilkan single source of truth.
Selanjutnya, single source of truth digunakan untuk membuat centralized dashboard yang dapat diakses dan digunakan semua karyawan untuk mengetahui profil dan memberikan pelayanan yang lebih baik untuk konsumen.
Ketika DDOM mulai diimplementasikan diseluruh proses bisnis, maka tambahan data dan pengguna membutuhkan data governance yang baik agar informasi tetap valid.
PT. Mitra Integrasi Informatika Berkolaborasi dengan Adobe Experience Cloud
DIsadur dan diperbarui dari:
Data-Driven Operating Model (DDOM) merupakan pendekatan berbasis data untuk memahami minat konsumen dan mengambil inisiatif marketing.
Read More