Qlik 02 September 2020

Qlik Sebagai Penyedia End-to-End Data & Analytics Platform

Qlik 5

Qlik 1

Qlik sebagai leader di Gartner Magic Quadrant untuk Analytics and BI platform selama 10 tahun berturut-turut, selalu menunjukkan keseriusannya dalam menyediakan solusi yang berkaitan dengan data, dimulai dengan inovasi “AI” Augmented Intelligence ke dalam Qlik data analytics platform dilanjutkan dengan memperluas solusi yang disediakan melalui akuisisi produk yang dapat membawa nilai lebih dari data. Akuisisi tersebut termasuk Attunity (sekarang disebut Qlik Data Integration), Podium Data (sekarang disebut Qlik Catalog), Crunch Bot (sekarang disebut Qlik Insight Bot) dan RoxAI (sekarang disebut Qlik Alerting). Dengan akuisisi yang telah dilakukan, semakin menegaskan posisi Qlik sebagai penyedia end-to-end data dan analytics platform.

 

Qlik Unique Technology

 

Real-Time Data Replication and Automation

 

Seringkali sumber data yang digunakan untuk analisa berada di transactional system, sehingga penarikan data untuk analisa pun hanya dapat dilakukan pada jam tidak sibuk agar tidak memberatkan sistem tersebut. Namun hal ini mengakibatkan keterlambatan dalam analisa data. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan replikasi sumber data tersebut ke suatu target secara real-time. Itu adalah salah satu contoh skenario mengapa diperlukan real-time data replication. Keunikan Qlik yaitu teknologi “agent-less” Change Data Capture yang memungkinkan replikasi data secara real-time tanpa memberi dampak apapun ke dalam sistem sumber data. Data hasil replikasi tersebut dapat langsung dianalisa atau dikirim secara otomatis ke Data Lake atau Data Warehouse tanpa harus coding atau scripting secara manual. Sehingga hal ini akan mempercepat proses pembentukan Data Warehouse yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan.

 

“AI” Augmented Intelligence

 

Kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence (AI), dimana salah satu implementasi AI seperti machine intelligence terbukti sangat membantu manusia dalam mencapai hasil yang diinginkan secara lebih cepat dan lebih efektif. Pertanyaannya, benarkah Artificial Intelligence benar-benar dapat menggantikan peran manusia seutuhnya? Seperti utopia seakan angan-angan belaka, hanya mengandalkan AI saja tidak akan cukup untuk mencapai idealisme bahwa segala sesuatu dapat selesai hanya dengan Artificial Intelligence.

Hal inilah yang menjadi dasar Qlik memperkenalkan “AI” Augmented Intelligence dimana konsep ini adalah melipatgandakan kekuatan intuisi manusia dengan skala dan kecepatan machine intelligence. Visi Qlik adalah menggunakan “AI” Augmented Intelligence untuk meningkatkan kemampuan membaca data, menganalisa data, mengerti dan beragumen dengan data; intinya adalah meningkatkan literasi data. Berikut ini adalah kutipan dari Harvard Business Review *) mengenai literasi data yang ditulis oleh Josh Bersin:

Data literacy has become important, for almost everyone. Companies need more people with the ability to interpret data, to draw insights, and to ask the right questions in the first place. Indeed, the data itself is clear on this: Data-driven decision-making markedly improves business performance.” – Josh Bersin

Associative Difference

Bisakah kita melakukan analisa data tanpa menggunakan chart? Terdengar tidak mungkin, namun Qlik menawarkan konsep tampilan data dengan menggunakan Hijau, Putih, dan Abu-abu. Sehingga bahkan tampilan daftar data yang sederhana dapat memberikan insight bagi penggunanya.

 

Seperti pertanyaan Region mana yang belum pernah ada penjualan untuk Silver Customer? Cara menjawabnya hanyalah dengan klik data Silver bagi status pelanggan yang akan ditandai dengan warna hijau. Maka dnengan mudah kita akan tahu jawabannya dengan melihat daftar dari Region yang ditandai dengan warna putih, yaitu North, North Central, South dan West. Data yang diwarnai abu-abu adalah data yang tidak ada hubungannya dengan yang kita pilih yaitu Customer Status = Silver.

 

Qlik 3

(Customer Status - Silver)

Hal ini akan memudahkan pengguna bila ingin mengganti pertanyaan Lalu kalau begitu, customer status apa saja yang berada di region South East? Hanya dengan klik data South East untuk Region, maka jawabannya sudah tersedia, yaitu hanya pelanggan yang berstatus Platinum yang ada di region South East.

Qlik 4

(Region = South East)

 

Sumber: *) https://hbr.org/2020/02/boost-your-teams-data-literacy#:~:text=Data%20literacy%20has%20become%20important,questions%20in%20the%20first%20place.&text=and%20drive%20change.-,Indeed%2C%20the%20data%20itself%20is%20clear%20on%20this%3A%20Data%2D,making%20markedly%20improves%20business%20performance.

 

Penulis:

Henry Tanu
Qlik Presales Manager

Sandra Agustina
Qlik Presales Architect 

 

Informasi lengkap, hubungi:
Customer.Experience@mii.co.id


Recent Article

Qlik 5
02 Sep 2020

Qlik Sebagai Penyedia End-to-End Data & Analytics Platform

Qlik sebagai leader di Gartner Magic Quadrant untuk Analytics and BI platform selama 10 tahun berturut-turut, selalu menunjukkan keseriusannya dalam menyediakan solusi yang berkaitan dengan data

Read More