Salesforce 30 July 2021

Digitalisasi Properti dengan Satu Platform

Salesforce

Pada tahun 2020, kita dihadapkan dengan kondisi yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya: pandemi global, krisis ekonomi, dan tantangan perubahan iklim yang berkelanjutan. Kondisi ini juga berdampak besar pada salah satu sektor bisnis di Indonesia yaitu sektor properti. Menurut Ali Tranghanda, CEO dan founder Indonesia Property Watch, bisnis properti turun sampai dengan 50 persen akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020, dan gelombang kedua di tahun 2021 bahkan bisa berdampak lebih buruk.

Di sisi lain, dalam beberapa tahun terakhir sektor properti telah melihat ada perubahan signifikan pada karakteristik pasar, dimana calon pembeli mengharapkan adanya personalisasi dan digitalisasi penjualan sebagai standar layanan. Dengan perubahan karakteristik dan ekonomi yang cepat pada sektor industri ini maka transformasi digital pun menjadi sebuah keharusan bagi para pelaku bisnis properti untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana penjualan dan pemasaran khususnya di era digital ini.

Salesforce adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) nomor satu di dunia yang berbasis cloud. Salesforce dapat membantu sektor properti untuk menghubungkan mereka dengan calon pembeli melalui digital dan memberikan layanan end-to-end yang seamless. Salesforce dapat menghubungkan data-data yang dimiliki oleh tim penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan agar mereka dapat melihat secara 360° atas pelanggan mereka sehingga bisnis akan menjadi lebih agile dan lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan. Salesforce memiliki beberapa modul utama dimana solusi ini merupakan solusi yang dapat menjadi jembatan antara kebutuhan pelaku bisnis dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini, diantaranya adalah Salesforce Marketing Cloud, Salesforce Sales Cloud, dan Salesforce Service Cloud.

Aktifitas umum yang dilakukan oleh calon pembeli properti biasanya adalah mereka harus melakukan kunjungan atau site visit untuk melihat rumah contoh. Sayangnya, di situasi pandemi ini para calon pembeli akan membatasi waktu mereka untuk melihat rumah contoh sehingga peran teknologi sangat besar untuk membantu pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran.

Salesforce Marketing Cloud dapat membantu tim pemasaran dalam melakukan pemasaran melalui digital di berbagai media digital yang dimiliki. Salesforce Marketing Cloud sendiri memiliki berbagai fitur utama seperti journey builder, email studio, mobile studio, advertising studio, social studio, dan interaction studio. Fitur-fitur ini tentunya memilki peran masing-masing dan saling berhubungan. Dengan advertising studio dan interaction studio pelaku bisnis dapat mencari lookalike audience atau target pasar yang potensial yang memiliki ciri khas mirip dengan pelanggan kita sekarang. Dengan menggunakan Salesforce kita dapat melakukan pemasaran properti secara personal sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan kita dan ketika mereka mengisi data diri mereka melalui platform digital yang tersedia maka data calon pembeli tersebut otomatis akan masuk kedalam sistem Salesforce. Fitur lain seperti journey builder memungkinkan pelaku bisnis untuk membawa calon pembeli ke dalam sebuah journey atau hubungan 1-to-1. Pelaku bisnis juga dapat mengoptimalkan channel yang dimiliki dan sudah terintegrasi dengan Salesforce untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan seperti melalui SMS, email, mobile push message, dan WhatsApp yang sekarang merupakan channel paling banyak digunakan dalam berkomunikasi.

Salesforce Sales Cloud dapat membantu tim penjualan dalam mengelola data calon pembeli secara 360° dan juga mengelola aktifitas yang harus mereka kerjakan. Melalui Salesforce Mobile Apps para salesrep akan dengan mudah untuk melakukan aktifitas berjualan dimanapun dan kapanpun. Salesrep dapat mencatat setiap penjualan yang sedang berjalan di dalam Salesforce sehingga dapat membantu mereka dalam mengambil langkah yang tepat untuk bisa close the deal dan memiliki pemahaman yang lebih jelas akan pipeline mereka.

Melalui fitur Report dan Dashboard yang realtime, pihak management akan memiliki visibilitas yang lebih baik akan performa penjualan properti dan performa dari masing masing salesrep sehingga pengambilan keputusan pun akan menjadi lebih baik lagi.

Dengan Salesforce Service Cloud, bagian pelayanan pelanggan dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui digital channel yang tersedia seperti live chat, telepon, WhatsApp, web form, dan lain-lain. Dengan fitur omnichannel kita dapat memastikan bahwa setiap ada permintaan, keluhan, atau pertanyaan dari pelanggan maka mereka akan terhubung dengan agent yang tersedia sehingga akan meningkatkan pelayanan yang dimiliki dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Melakukan segalanya dengan digital melalui satu platform merupakan sebuah keistimewaan yang didapatkan, baik untuk perusahaan maupun pelanggan. Dan, menempatkan pelanggan sebagai pusat digitalisasi saat ini, tentunya sebuah prioritas.

 

Informasi lengkap, silahkan hubungi:
contact@mii.co.id, customer.experience@mii.co.id

Recent Article

Salesforce
30 Jul 2021

Digitalisasi Properti dengan Satu Platform

Pada tahun 2020, kita dihadapkan dengan kondisi yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya: pandemi global, krisis ekonomi, dan tantangan perubahan iklim yang berkelanjutan. Kondisi ini juga berdampak besar pada salah satu sektor bisnis di Indonesia yaitu sektor properti.

Read More