Microsoft 09 December 2022

One Stop Platform Marketing untuk Komunikasi Lebih Baik

usecasemicrosoftpowerplatformnestleindonesia

Latar belakang perusahaan
Perusahaan merupakan salah satu perusahaan global yang bergerak di bidang makanan dan minuman terbesar di dunia. Memulai usaha sejak lebih dari 150 tahun yang lalu, perusahaan hadir di 189 negara di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 2.000 merek, baik dari ikon global hingga produk lokal favorit. Perusahaan makanan dan minuman dengan 3 pabrik yang tersebar di 3 provinsi di Indonesia mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1873, diperkuat dengan sumberdaya sekitar 3.700 karyawan serta memiliki lebih dari 20 merek.

Dengan inti usaha mengedepankan gizi, perusahaan ingin membantu mewujudkan Sustainable Development Goals dengan meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

Tantangan bisnis
Perusahaan memiliki kantor cabang yang tersebar di berbagai area dan regional di Indonesia, sehingga diperlukan sebuah platform yang dapat mengakomodasi proses bisnis perusahaan. Platform kolaborasi yang diperlukan untuk kantor pusat dan kantor cabang yang dapat mendukung proses bisnis yaitu:

  • Melakukan dan mendata claim voucher dari event atau promosi sebuah produk.
  • Melakukan pendataan dan tracking dari sebuah produk yang tersebar di berbagai area dan regional.
  • Melakukan evaluasi dan forecasting mengenai promo atau event dari sebuah produk, baik yang sudah maupun baru akan dijalankan.
  • Dikarenakan cakupan perusahaan yang luas, mengakibatkan data yang masuk menjadi berbeda dan rentan terhadap human error. Disamping itu, proses audit yang lama dan masih dilakukan manual menggunakan Excel.


Tujuan
Perusahaan memutuskan untuk membangun aplikasi otomasi yang terintegrasi dan terpusat agar perusahaan dapat mengelola data-data seperti budget voucher, promosi maupun penjualan agar lebih tertata dan akurat, sehingga memudahkan tim pemasaran melakukan perencanaan evaluasi hingga proses audit.

Solusi
PT Mitra Integrasi Informatika bekerja sama dengan Microsoft melakukan implementasi Microsoft Power Platform guna mendukung proses bisnis kantor pusat dan kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Microsoft Power Platform diwujudnyatakan dalam pembuatan aplikasi pemasaran yaitu:

  • E-Claim. Proses e-claim ini diperuntukan bagi kantor cabang sebagai user-nya yang dapat melakukan klaim melalui online untuk anggaran dari sebuah promosi/event dari suatu produk.
  • PB-Retail. Proses PB-Retail diperuntukan bagi kantor pusat sebagai user-nya yang dapat melakukan pendataan dan tracking dari sebuah produk yang tersebar di berbagai daerah dan regional tertentu. Termasuk kegiatan promosi/event dari produk-produk tertentu.
  • Pre-Post Evaluation. Proses Pre-Post Evaluation diperuntukaan bagi kantor pusat maupun kantor cabang sebagai user-nya yang dapat menggunakan aplikasi sebagai media evaluasi dan pelaporan dari sebuah produk. Kantor pusat dan kantor cabang juga dapat bertukar informasi mengenai kegiatan promosi/event yang sudah maupun baru direncanakan.


Manfaat dan hasil
Keberhasilan perusahaan dalam menerapkan Microsoft Power Platform dapat diwujudnyatakan melalui aplikasi pemasaran sehingga pengelolaan proses bisnis kantor pusat dan kantor cabang perusahaan dapat lebih terintegrasi dan terpusat.

  • Proses claim voucher dalam kegiatan promosi/event, pendataan, tracking produk dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat sehingga mendukung proses evaluasi, forecasting, dan pelaporan produk.
  • Membantu tim pemasaran perusahaan dalam melakukan proses audit dengan jangka waktu yang lebih singkat dan mengurangi terjadinya human error. []

Recent Article

usecasemicrosoftpowerplatformnestleindonesia
09 Dec 2022

One Stop Platform Marketing untuk Komunikasi Lebih Baik

Keberhasilan perusahaan dalam menerapkan Microsoft Power Platform dapat diwujudnyatakan melalui aplikasi pemasaran sehingga pengelolaan proses bisnis kantor pusat dan kantor cabang perusahaan dapat lebih terintegrasi dan terpusat.

Read More