Latar Belakang Perusahaan
Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan consumer goods yang telah diakui di Indonesia dan juga mancanegara, yang memilikii produk kategori personal care, food and beverages, serta pharmacy. Perusahaan berkembang pesat dan saat ini memiliki 7 entitas anak perusahaan, 5 pabrik serta lebih dari 400 sumber daya manusia. Perusahaan pun berhasil berinovasi dengan mengembangkan lebih dari 30 merek dari berbagai kategori tersebut.
Tantangan Bisnis
Dengan berkembangnya bisnis yang signifikan, tentunya membuat perusahaan menerima banyak data dari berbagai sumber seperti SAP ECC, Distribution Management System di SD Portal dan DMS 3.0, dan dari sumber-sumber lainnya. Data-data tersebut perlu dikumpulkan, lalu dianalisa dengan tujuan untuk pengawasan kinerja di tiap bagian perusahaan. Selain itu, perusahaan juga memerlukan usaha ekstra dari business user dalam mengumpulkan data-data itu dari berbagai sumber yang berbeda, sehingga terjadi penurunan dalam produktivitas business user karena banyak waktu yang terbuang untuk mengkonsolidasi data dibandingkan melakukan analisa.
Oleh karenanya, perusahaan memerlukan platform yang dapat membantu memudahkan dalam pengumpulan data serta dapat memberikan informasi yang lengkap, tepat, dan cepat dalam setiap pengambilan keputusan.
Tujuan
Perusahaan ingin memiliki platform yang dapat menampilkan semua KPI untuk tiap bagian, terutama bagian penjualan dan distribusi untuk beberapa KPI seperti Selling in (SLI), Selling out (SLO), Registered Outlet (RO), Registered Outlet Active (ROA), Active Transaction (AT), Stock Cover (SC), dan Aging AR. Platform yang dapat membantu proses penarikan data, transformasi, dan loading (ETL) dari setiap sumber data yang dibutuhkan terutama data dari SAP ECC dan DMS, untuk mempermudah pembuatan skema data model yang sesuai dengan best practice, serta pembuatan data visualization (dashboard) dengan menggunakan Power BI.
Solusi
PT Mitra Integrasi Informatika bekerja sama dengan Microsoft mengimplementasikan proyek central information platform dengan menggunakan Azure SQL, Azure Data Factory (ADF), dan Azure Analysis Services, serta Power BI untuk analisa di bagian penjualan.
Perusahaan berharap dengan menggunakan Azure Data Factory, proses penarikan data dari setiap sumber lebih cepat dan akurat yang dapat mendukung memaksimalkan proses pengelolaan dan transformasi data, dan khusus untuk data SAP ECC perusahaan menggunakan Add on Aecorsoft. Untuk menjaga keamanan data, data-data yang sudah terkumpul, diolah, dan ditransformasi, kemudian disimpan perusahaan menggunakan Azure Blob. Saat data akan digunakan untuk keperluan perusahaan, Azure Analysis Service (AAS) akan membantu dalam modelling dan data mart design, dan untuk Data Visualization akan menggunakan Power BI.
Hasil dan Manfaat
Setelah menerapkan proyek central information platform menggunakan serangkaian fitur yang disediakan Microsoft Azure dalam mendukung proses pengumpulan dan pengelolaan data dari berbagai sumber, perusahaan dapat menampilkan KPI untuk setiap bagian terutama bagian penjualan dan distribusi, sehingga produktivitas business user juga meningkat berkat proses konsolidasi data, pembuatan skema modelling dan data mart design yang sesuai dengan best pratice. Perusahaan juga mendapatkan roadmap yang tepat sasaran sesuai dengan industri dan bisnis perusahaan. //
perusahaan memerlukan platform yang dapat membantu memudahkan dalam pengumpulan data serta dapat memberikan informasi yang lengkap, tepat, dan cepat dalam setiap pengambilan keputusan.
Read More