20 Juni 2024

Privileged Access Management (PAM) untuk Kelola Akses dan Sentralisasi Kredensial Perusahaan

Perusahaan bergerak dalam bidang industri makanan ringan di Indonesia. Kegiatan usaha sebagai perusahaan makanan dan minuman telah dimulai sejak tahun 1979 melalui sebuah perusahaan di Pati, Jawa Tengah, yang dimulai dari memasarkan produk kacang tanah yang akhirnya terus diproduksi hingga saat ini dan disebarkan ke seluruh Indonesia.

 

TANTANGAN BISNIS

Perusahaan memiliki lebih dari 200 server yang akses setiap usernya harus dikelola dan secara periodik, setiap server harus melakukan penggantian password karena kses server aplikasi harus diamankan dari user yang tidak berkepentingan. Sehingga, perlu adanya pembatasan akses oleh third-party terhadap resources perusahaan. 

Setiap aplikasi atau server di perusahaan mempunyai sistem kredensial sendiri, sehingga menyulitkan dalam pengelolaan username dan password. Sehingga, Perusahaan memutuskan menggunakan teknologi CyberArk untuk mengamankan akses ke resources perusahaan namun tetap memberi kemudahan untuk dikelola,

 

TUJUAN PROJECT 

  1. Mengelola pemakaian kredensial (user dan password) melalui single console yang terorganisir sehingga bisa menghindari akses yang tidak diinginkan. 
  2. Melakukan monitor aktivitas tiap user pada saat mengakses server untuk meminimalisir risiko keamanan siber. 

 

HASIL DAN MANFAAT SOLUSI

Setelah berhasil mengimplementasikan CyberArk untuk Privillege Access Management, perusahaan berhasil meraih beberapa hasil yakni sebagai berikut :

  1. Mengelola secara tersentralisasi privileged accounts menggunakan single portal CyberArk, sehingga update password secara periodic tidak lagi dibutuhkan. 
  2. Dokumentasi akses dan setiap perubahan untuk keperluan audit
Hastag
Cybersecurity