14 Juni 2024
Robotic Process Automation untuk Sistem Pembayaran Voucher Claim Perusahaan Asuransi
Perusahaan merupakan bisnis asuransi umum yang tangguh, dan patut diperhitungkan dalam industri asuransi di Indonesia. Fokus perusahaan adalah memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko kerugian, dengan berbagai jenis pertanggungan aset, dan kesehatan.
Seiring permintaan pelanggan tertanggung dengan jumlah transaksi tinggi setiap minggunya (Payment Voucher Claim), perusahaan masih kesulitan dengan proses manual yang sangat repetitif sehingga berpeluang mengganggu proses bisnis perusahaan. Pada akhirnya, perusahaan memutuskan untuk mengimplementasikan Robotic Process Automation (RPA) sebagai solusi dari tantangan tersebut.
TUJUAN PROJECT
- Implementasi solusi RPA untuk membantu proses pembuatan Payment Voucher Claim berdasarkan data dari sistem bank
- Implementasi solusi RPA untuk membantu proses validasi dan rekonsiliasi data antara data dari sistem bank dan data dari database perusahaan
MANFAAT SOLUSI
- Menghemat waktu operasional dengan melakukan automasi proses konversi file NACK dari bank menjadi file excel
- Memastikan keakuratan atau kecocokan data melalui oauomasi proses rekonsiliasi data MT940 dari bank dan data dari database perusahaan
- Melakukan automasi proses pembuatan Payment Voucher Claim ke CARE System perusahaan untuk mempercepat siklus pembayaran