Tips Keberhasilan Suatu Proyek & Parameter Keberhasilannya
Menurut Project Management Body of Knowledge (PMBOK) adalah suatu usaha sementara untuk menciptakan produk, layanan, atau hasil yang unik, yang memiliki awal dan akhir yang jelas, serta bersifat progresif (berkembang bertahap).
Keberhasilan suatu proyek ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah Kualitas Sumber Daya yang terlibat, Manajemen Proyek yang Efektif, Komunikasi yang Efektif, Kepuasan Pemangku Kepentingan (stakeholder), serta dukungan dari Top Management.
Berikut adalah contoh parameter keberhasilan suatu proyek:
Timeline Penyusunan timeline merupakan hal krusial yang harus dilakukan sebelum proyek dimulai. Sangat disarankan untuk bekerja sama dan berdiskusi dengan tim yang terlibat untuk menyusun durasi waktu yang tepat, dengan begitu risiko terkait gangguan ataupun biaya ekstra dapat dihindari.
Cost and Budgeting Setiap proyek harus memikirkan anggaran agar tidak mengalami kerugian. Buatlah anggaran yang pasti berdasarkan perkiraan biaya independen untuk proyek yang akan dijalankan. Rencana anggaran yang baik dapat mengurangi biaya ekstra yang tak terduga. Dalam sebuah proyek, selalu saja ada kemungkinan anggaran membengkak ataupun biaya yang tidak terduga. Ini adalah hal yang wajar dan biasanya sudah dapat diprediksi sejak awal. Kalaupun ada pembengkakan biaya tapi tidak terlalu jauh dari rencana awal, maka sebenarnya proyek tersebut sudah dianggap sukses. Biaya keseluruhan proyek ditambah biaya tak terduga dan modifikasi pekerjaan yang tidak terlalu melenceng dari rencana awal akan dianggap sukses.
Quality Kualitas merupakan hal terpenting yang menjadi parameter keberhasilan suatu proyek. Quality Plan yang spesifik terlebih dulu agar bisa menjadi patokan selama pengerjaan proyek. Hasil akhir proyek seharusnya tidak melenceng dari Quality Plan yang menjadi ukuran kualitas atau referensi di tahap akhir. Jika hasil akhirnya sesuai atau tidak terlalu jauh dari Quality Plan, maka proyek dianggap sukses dan sebaliknya, kalau terlalu banyak yang melenceng, tentu proyek tersebut akan dianggap gagal.
Setelah mengetahui parameter keberhasilan suatu proyek, berikut adalah tips agar proyek tersebut berhasil, diantaranya:
Memitigasi risiko yang mungkin terjadi Mulailah mengidentifikasi risiko-risiko yang mungkin terjadi pada proyek, buatlah langkah untuk memitigasi risiko tersebut.
Membuat perencanaan dengan baik Pastikan untuk membuat perencanaan secara detail agar proyek berjalan sesuai rencana dan sukses.
Komunikasi yang efektif antar tim dan Pemangku Kepentingan (Stakeholder) Komunikasi yang efektif memainkan peranan penting dalam keberhasilan suatu proyek, tanpa komunikasi yang efektif, maka misinterpretasi bisa saja terjadi dan mengakibatkan proyek menjadi terhambat. Mengetahui apa keinginan dari Stakeholder juga merupakan hal yang harus diperhatikan, jangan lupa untuk memberikan setiap kemajuan proyek agar Stakeholder juga mengetahui sejauh mana keberhasilan proyek.
Agar proyek berhasil, mulailah dengan mengetahui parameter keberhasilannya dan mengimplementasikan tips keberhasilannya serta selalu mengukur perkembangan ataupun kemajuan proyek.