21 Juni 2024

Eliminasi Proses Manual Perusahaan untuk Raih Optimasi Operasional

Sebagai sebuah Yayasan yang menjadi bagian dari program CSR sebuah peruahaan swasta di Indonesia, Perusahaan didirikan untuk berperan serta secara aktif dalam membangun bangsa dengan memberikan program pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran, dan fasilitasi pembiayaan untuk mendorong UMKM menuju kemandirian.

 

TANTANGAN BISNIS

Perusahaan yang terdiri dari banyak kantor cabang perlu melakukan konsolidasi laporan kinerja ke kantor pusat setiap bulan secara terjadwal. Namun, laporan yang dihasilkan masih menggunakan proses manual menggunakan dokumen Excel, serta verifikasi dokumen, approval, konsolidasi dokumen dan laporan gabungan dilakukan oleh kantor masih berjalan manual.

 

TUJUAN PROJECT

Dalam rangka eliminasi proses manual yang menyulikan dan memakan waktu lama bagi Perusahaan untuk berbagai proses kerja, Perusahaan perlu Membangun Sistem Informasi yang akhirnya diputuskan menggunakan platform aplikasi PowerApps dan Power BI sebagai Data Report Visualization.

 

HASIL DAN MANFAAT SOLUSI

Setelah berhasil mengimplementasikan platform aplikasi PowerApps dan Power BI, Perusahaan berhasil meraih beberapa hasil yakni sebagai berikut :

  1. Data entry dilakukan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi yang dibangun dengan PowerApps
  2. Proses pemutakhiran data dilakukan pada aplikasi, data disimpan pada database perusahaan
  3. Proses verifikasi dan approval diautomasi dan dilakukan pada aplikasi dengan memanfaatkan Microsoft Flow
  4. Pembuatan laporan diautomasi, dengan visualisasi data analytics memanfaatkan Power BI
Hastag
Data & AI
Microsoft